Iran dan Pakistan Pulihkan Hubungan Kerjasama Perbatasan

Iran dan Pakistan Pulihkan Hubungan Kerjasama Perbatasan

Iran dan Pakistan Pulihkan Hubungan Kerjasama Perbatasan – Di tahun-tahun ini, hubungan kerjasama perbatasan antara Iran dan Pakistan kembali meningkat. Berbeda dengan hubungan di tahun-tahun sebelumnya yang terbilang sangat erat. Terlebih antara Iran dan Pakistan tentu bukan sebuah hal yang asing lagi. Kedua negara tersebut memang bertetangga sehingga sangat memungkinkan terjadinya kerjasama antar perbatasan.

Hubungan Kerjasama Perbatasan Iran dan Pakistan

Seiring berjalannya waktu, demi menghindari ketegangan yang dahulunya sempat terjadi di perbatasan, kini Iran membuka lagi perbatasannya dengan Pakistan. Dengan dibukanya perbatasan Iran tersebut menjadikan banyak sentra dapat kembali diakses dengan cara yang jauh lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya.

Iranianalliances – Adanya pembukaan tersebutlah yang berhasil membawa sekaligus menjadi awal mencairnya hubungan yang sempat menegang antara Iran dan juga Pakistan. Sebelumnya, kedua negara tersebut memang sempat dingin hubungannya. Tidak heran jika saat ini Iran mulai mengambil jalur perdamaian. pasalnya terdapat gerakan separatisme serta teroris yang terjadi di daerah perbatasan.

Adanya gerakan yang terjadi tersebut tentu menjadi kekhawatiran tersendiri jika menyebabkan masalah dalam sebuah negara. Itulah mengapa hubungan diplomatik antara Iran dengan Pakistan mulai pulih kembali. Hal tersebut tidak lain demi menjaga keamanan sekaligus perdamaian yang ada di daerah perbatasan.

AdaIran dan Pakistan Pulihkan Hubungan Kerjasama Perbatasanpun cara yang digunakan dalam memulihkan hubungan kerjasama antar perbatasan yang ada di Iran dan Pakistan tersebut adalah dengan membuka media perdagangan. Seperti yang diketahui, perdagangan merupakan salah satu jembatan diplomatik yang cukup efektif. Tidak heran jika Iran mengambil hal tersebut yang juga diikuti oleh Pakistan.

 

Dengan adanya langkah yang diambil oleh kedua negara tersebut membuat hubungan antar keduanya menjadi semakin mencair kembali setelah beberapa tahun sebelumnya cukup dingin. Tentu saja, dengan adanya kerjasama perbatasan yang satu ini diharapkan dapat menjadi landasan maupun pondasi tersendiri dalam rangka menormalisasikan hubungan antar kedua negara tersebut.

Selain itu, adanya pemulihan hubungan kerjasama ini juga diharapkan menjadi langkah awal bertumbuhnya ekonomi di daerah perbatasan tersebut. Dengan begitu, hal ini bisa jadi sebagai langkah paling ampuh dalam meredakan konflik-konflik yang dapat terjadi kapan saja. Perdagangan yang dilakukan di lintas perbatasan ini sendiri memang ditujukan untuk mendapatkan hubungan yang kembali erat. Hanya saja, adanya kelompok yang tidak diinginkan seperti separatisme yang mencari celah tentu diperlukan kewaspadaan tersendiri agar lebih meningkat. Terlebih saat ini ada banyak langkah yang dapat diambil untuk membantu memulihkan hubungan tersebut sehingga kembali nyaman.Pemerintah Iran sendiri diketahui memulai langkahnya terlebih dahulu. Tepatnya dalam melakukan perbaikan hubungan dengan pemerintah Pakistan. Hal ini dilakukan oleh Menteri Transportasi Iran serta Menteri Perdagangan yang ada di Pakistan. Hal ini juga akan membuat situasi politik dapat lebih terkontrol.

Baca juga : Ancaman Separatis Perbatasan Pulihkan Diplomasi Iran Dan Pakistan

Setidaknya sudah terdapat sebuah pintu perbatasan yang baru. Tidak lain yakni pintu ketiga yang secara resmi dapat dimanfaatkan sebagai pelayanan publik serta perdagangan antar negara. Adanya perbatasan tersebut ini sendiri akan mengubah level pertukaran barang maupun perdagangan pada dua wilayah yang beda negara. Dengan begitu, diharapkan adanya pembukaan pintu pada daerah perbatasan tersebut menjadikan hubungan antara Iran dengan Pakistan dapat lebih mencair. Selain itu, diharapkan juga kegiatan ekonomi antar masyarakat yang ada juga dapat semakin meningkat lebih baik lagi. Terlebih, dalam perbatasan wilayah sendiri pada dasarnya sangat rawan. Untuk mencegah adanya gerakan-gerakan separatis yang merugikan dan meresahkan, maka sangat penting kedua negara tersebut memulai kembali hubungan diplomatiknya. Termasuk hubungan kerjasama di perbatasan.