Kerjasama di Bidang Ekonomi di Daerah Perbatasan Iranian dan Turki

Kerjasama di Bidang Ekonomi di Daerah Perbatasan Iranian dan Turki – Setiap negara tentu selalu berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya dan menjaga kestabilan negara dari beberapa ancaman. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kerjasama baik kerjasama bilateral maupun multilateral. Kerjasama juga dilakukan mencakup semua hal termasuk kerjasama di daerah perbatasan. Hal ini dikarenakan daerah perbatasan menjadi salah satu daerah dengan yang rawan terhadap konflik dengan negara lain. Hal ini dikarenakan daerah perbatasan berbatasan langsung dengan negara lain. Akan tetapi, ketika dua negara atau lebih berhasil membuat suatu perjanjian kerjasama yang baik, maka negara tersebut mendapatkan manfaat untuk pembangunan daerah perbatasan khususnya dan seluruh bagian negara pada umumnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat sebuah kerjasama daerah perbatasan yang bisa mengcover seluruh kepentingan antar negara.

Iranianalliances – Iran merupakan salah satu negara yang terletak di Timur Tengah. Negara ini berbatasan darat dengan beberapa negara lain seperti Turki, Armenia, Azerbaijan, Pakistan, dll. Oleh karena itu, pemerintah Iran memberikan fokus yang lebih terhadap kebijakan perbatasan Iranian dengan negara lain. Salah satunya adalah dengan negara Turki. Hubungan antara Iran dan Turki sempat merenggang. Hal ini dikarenakan adanya peristiwa Arab Spring yang terjadi pada tahun 2011. Kemudian hal ini berlanjut dengan dukungan yang diberikan Iran kepada pemerintah Bashar Assad saat terjadi perang Sipil Suriah tahun 2012. Akan tetapi, saat ini hubungan kedua negara yang bertetangga ini cukup baik. Mereka mampu membuat beberapa kebijakan kerjasama di daerah perbatasan meliputi ekonomi, keamanan, sosial, dan politik.

Kerjasama di Bidang Ekonomi di Daerah Perbatasan Iranian dan Turki

Daerah perbatasan mempunyai peranan penting terhadap kerjasama di bidang ekonomi antara Iran dan Turki. Hal ini dikarenakan beberapa ekspor dan impor yang dilakukan oleh kedua negara ini menggunakan jalur darat. Sehingga, jalur darat yang aman dan mudah dilalui oleh penduduk kedua negara untuk memasarkan produk mereka menjadi keharusan. Hal inilah yang membuat pemerintah Iran dan Turki membuat perjanjian peningkatan kerjasama di daerah perbatasan demi meningkatkan ekspor dan impor kedua negara. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menetapkan beberapa titik daerah perbatasan sebagai jalur perdagangan antar kedua negara. Hal ini dikarenakan Turki telah membangun tembok perbatasan di sepanjang daerah perbatasan antara Iran dan Turki. Oleh karena itu, titik jalur perdagangan ini menjadi kawasan perdagangan dan mobilitas dari penduduk kedua negara. Para penduduk bisa menyebrang batas antar negara dengan lebih mudah di beberapa titik tersebut.

Baca juga : Peranan Kerjasama Daerah Perbatasan Iranian dengan Negara Sekitar

Hasil kerjasama antara Iran dan Turki di daerah perbatasan membuat nilai ekspor dan impor antar kedua negara membaik. Sebelumnya, karena hubungan antara Iran dan Turki sempat renggang serta adanya pandemi COVID-19, nilai ekspor dan impor kedua negara sempat turun. Akan tetapi, di awal bulan Januari 2021, terjadi peningkatan ekspor dan impor kedua negara dibandingkan tahun 2021. Pada bulan Januari dan Februari, jumlah ekspor antara Iran dan Turki sebesar 509 juta USD yang naik 17% dari tahun 2020 yaitu sebesar 421 juta USD. Sedangkan nilai impor dari kedua negara tersebut pada tahun 2021 yaitu sebesar 670 juta dollar USD. Nilai ini naik sekitar 27% dari tahun 2020 yang mulanya sebesar 851 juta dollar USD. Hal ini menunjukkan bahwa hasil kerjasama di daerah perbatasan bisa menaikkan nilai perdagangan di bidang ekonomi antara negara Iran dan Turki.