Pemulihan Kerja Sama Iran, Afganistan dan Pakistan Untuk Memerangi Peredaran Narkoba

Pemulihan Kerja Sama Iran, Afganistan dan Pakistan Untuk Memerangi Peredaran Narkoba

Pemulihan Kerja Sama Iran, Afganistan dan Pakistan Untuk Memerangi Peredaran NarkobaJika melihat dari hubungan tiga negara yang saling berbatasan ini tentu tak akan sulit untuk masuk ke salah satu wilayah masing-masing. Hal ini bukan hanya menguntungkan untuk jalur perdagangan umum saja akan tetapi juga banyak dimanfaatkan untuk hal-hal yang berada di luar hukum seperti peredaran narkoba. Setiap negara tentu ingin wilayah dan warganya yang benar-benar bebas dari hal tersebut. Namun, untuk memerangi hal yang mungkin saja terjadi pengguna harus memastikan jika mereka memiliki kemampuan untuk hal tersebut. Diantara negara yang cukup keras dalam memastikan tidak ada lagi peredaran narkoba di wilayah mereka adalah Iran, Pakistan dan Afghanistan. Negara yang saling terhubung dengan perbatasan ini menjadi sarang yang cukup diminati oleh gembong narkoba di kawasan Asia.

Di Afganistan sendiri, peredaran obat terlarang memang sangat meresahkan dan telah jadi ancaman yang sangat serius. Obat yang dijual secara sembunyi-sembunyi ini salah satunya adalah opium. Dewan keamanan internasional memberikan tanggapan yang serius dari fenomena ini. Mereka memberi dukungan penuh untuk aliansi tiga negara untuk memeranginya. Area regional yang paling deras peredarannya ini telah mengikuti program-program pembasmian narkoba. Mereka meningkatkan penjagaan di berbagai perbatasan tiap negara yang masuk ke dalam aliansi ini. Ancaman yang sangat serius dari Narkoba jenis opium ini memang telah membuat banyak pihak mengalami kerugian. Langkah yang diambil oleh pemerintah Iran serta kedua negara lainnya yang cukup proaktif sehingga akan menghadang peredaran obat terlarang. Berbagai upaya yang dilakukan untuk mengatasi peredaran narkoba di wilayah mereka memang cukup banyak sehingga hasil yang didapat juga maksimal.

Pemulihan Kerja Sama Iran, Afganistan dan Pakistan Untuk Memerangi Peredaran Narkoba

Cara untuk memerangi peredaran di daerah perbatasan adalah dengan memperhatikan keamanan dari perbatasan. Dengan kerja sama dari tiga negara ini, bisa dipastikan keamanan yang akan didapat juga optimal. Pasukan dari tiga negara melakukan sejumlah operasi dan patroli di daerah rawan dan batas-batas yang jadi wilayah persebaran narkoba. Patroli ini untuk mendata serta melihat hal-hal yang mungkin saja terlewat dari pos pengamanan yang ada di perbatasan. Hasil yang mereka dapatkan juga tak sia-sia. Dari hasil kerja sama mereka ini setidaknya telah menangkap banyak pengedar yang beroperasi secara langsung di ketiga negara ini. Mereka juga menyita banyak barang bukti seperti obat-obatan terlarang dan juga banyak hal lain. Dengan begitu banyak yang akan diuntungkan dengan hasil kerja sama mereka. Daerah perbatasan memang adalah daerah yang sangat lah rawan untuk berbagai kejahatan. Walau termasuk dalam tempat yang strategis akan tetapi dengan kurangnya pemahaman dan juga keamanan banyak hal yang merugikan akan dapat masuk ke negara tersebut.

iranianalliancesKerja sama diantara negara-negara iranian ini diharapkan akan membuat keamanan yang ada di daerah perbatasan jadi lebih terjamin. Sekarang ini setelah adanya pembukaan pintu perbatasan yang baru diharapkan nantinya pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk membuat kerusakan mental masyarakat tidak bisa masuk. Tiga pintu perbatasan antara Iran dan Pakistan juga diharapkan akan jadi kunci untuk mendeteksi adanya peredaran serta perdagangan obat yang terlarang. Selain itu, kerja sama ekonomi di perbatasan juga bisa makin ditingkatkan agar kebutuhan masyarakat di wilayah perbatasan ini makin dipenuhi. Perputaran roda ekonomi dan sosial yang makin baik akan mendorong keamanan serta kenyamanan dalam berbagai segi kehidupan masyarakat terutama yang ada di wilayah perbatasan