Iran Membangun Camp Penampungan di Kawasan Perbatasan

Iran Membangun Camp Penampungan di Kawasan Perbatasan

Iran Membangun Camp Penampungan di Kawasan Perbatasan – Saat ini pemerintah Iran sedang gencar-gencarnya menyiapkan camp yang digunakan untuk menampung beberapa penduduk Afghanistan yang mengungsi. Lantas, mengapa pengungisan tersebut terjadi? Pengungsian ini sendiri terjadi demi menghindari adanya pertempuran yang terjadi antara tentara pemerintah serta gerilyawan dari Taliban.
Kebanyakan pengungsi tersebut memang menuju daerah kawasan Iran. Tidak heran jika pemerintah cukup mendukung pembangunan camp penampungan tersebut. Terutama di kawasan perbatasan di mana lokasi warga Afghanistan mengungsi.

Dimana Camp Penampungan Dibangun?

Iranianalliances – Setidaknya, terdapat camp penampungan yang sudah dibangun pada sedikitnya tiga provinsi. Hal ini bahkan sudah disampaikan secara langsung oleh pejabat Kementerian Dalam Negeri Iran yakni Hossein Qasemi. Perlu Anda ketahui juga bahwa Iran merupakan salah satu negara yang dituju oleh masyarakat pengungsi dari Afghanistan.

Mereka melakukan pengungsian tersebut demi menghindari adanya peperangan selama bertahun-tahun. Hanya saja, Iran saat ini sedang mengalami kondisi yang sulit pasalnya terhimpir kasus kesehatan dan krisis ekonomi akibat sanski dari Amerika Serikat dan pandemi Covid. Qasemi sendiri mengatakan bahwa diharapkan pengungsi dari Afghanistan tersebut dapat kembali ke negara mereka tepat setelah situasi kembali membaik.

Saat ini sendiri setidaknya terdapat lebih dari dua juta pengungsi yang merupakan masyarakat Afghanistan yang ada di Iran. Adapun arus penduduk yang mengungsi tersebut memang terus bertambah ke luar negeri. Terlebih setelah gerilyawan dari Talibang mengepung Ibu Kota Kabul. Perlu Anda ketahui juga, bahwa puluhan ribu warga Afghanistan yang pernah bekerja pada pasukan koalisi NATO dan Amerika Serikat sendiri juga meminta suaka. Pasalnya, mereka merasa sangat terancam apabila tetap berada di negara tersebut sehingga Taliban kembali berkuasa.

Iran Membangun Camp Penampungan di Kawasan Perbatasan

Penduduk yang berasal dari kalangan berada sendiri lebih memilih untuk kabur dari Negara Afghanistan. Mereka menggunakan pesawat untuk pergi dari negara tersebut lalu menyelamatkan diri. Tidak hanya sampai disitu, sebagian dari mereka bahkan rela untuk meninggalkan kendaraan masing-masing kemudian di pinggir jalan bersama dengan kuncinya yang masih utuh. Mengapa? Hal ini dilakukan semata-mata demi menghindari serangan dari gerilyawan Taliban. Sementara itu, Pemerintah Afghanistan sendiri akhirnya tumbang saat Taliban merebut beberapa provinsi serta kota-kota besar. Taliban bahkan berhasil menaklukkan militer Afghanistan yang bahkan memiliki persenjataan jauh lebih lengkap. Adapun perlawan ini dimenangkan dalam jangka waktu yang cukup singkat bahkan diluar perkiraan para pakar.

Beberapa sumber dari Kementerian Dalam Negeri Afghanistan sendiri memberitahukan bahwa, Ashraf Ghani selaku presiden negara tersebut bahkan kabur ke Tajikistan agar dapat terhindar dari penangkapan Taliban. Adapun Biro Politik Taliban serta utusan pemerintah Afghanistan sendiri saat ini sedang melakukan rundingan di Qatar mengenai proses pengalihan kekuasaan. Menurut bebeapa diplomat yang ada pemerintah interm Afghanistan sendiri akan dipimpin oelh Ali Ahmad Jalali. Yakni seorang mantan menteri dalam negeri dari Afghanistan. Ia juga merupakan seorang ilmuwan yang memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat juga. Hanya saja, sampai saat ini masih ada persetujuan dari Taliban mengenai pemberlakukan hal tersebut.

Baca juga : Iran dan Pakistan Kini Semakin Erat Bangun Kerjasama Perdamaian Perbatasan

Itulah beberapa informasi mengenai Pemerintah Iran yang gencar membangun camp penampungan warga Afghanistan. Tentu saja, hal ini cukup menjadi gemuruh tersendiri di bagian negara tersebut. Tidak heran jika ada banyak warga yang ada di sana berharap jika kerusuhan tidak akan terjadi lagi. Terlebih masyarakat Afghanistan pun rela mengungsikan diri agar mereka tidak terkena imbas mengenai perlawanan Taliban dengan Pemerintah Afghanistan tersebut. Dengan begitu, diharapkan segera terjadi proses perdamaian antara keduanya.