Iran Menutup Kerjasama Perbatasan dengan Negara Afghanistan

Iran Menutup Kerjasama Perbatasan dengan Negara Afghanistan – Tepat pada hari Jumat 6 Agustus 2021 yang lalu, pihak berwenang dari negara Iran mulai memberikan pengumuman tentang penutupan pelabuhan Milk. Perlu diketahui bahwa pelabuhan tersebut adalah salah satu perbatasan antara Iran dan juga Afghanistan yang sangat penting. Tepatnya untuk kegiatan perdagangan antar setiap negara tersebut.

Penutupan Perbatasan Iran dengan Afghanistan

Iranianalliances – Perlu Anda ketahui bahwa adanya penutupan tersebut menyusul datangnya eksodus yang berasal dari warga Afghanistan. Tepatnya warga yang ada di Kota Zaranj, provinsi Nimroz yang sudah jatuh ke tangan Taliban. Bahkan pada saat itu perbatasan antara Iran dan juga Afghanistan yang ada di Distrik Susu provinsi tersebut sudah mulai ditutup.

Tentu saja, adanya penutupan tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Tidak lain yakni karena adanya pertempuran sengit yang berlangsung di daerah Zaranj. Dimana lokasinya memang cukup dekat dengan perbatasan Iran. Hingga akhirnya Kota Zaranj yang ada di Afghanistan tersebut jatuh ke tangan Taliban. Taliban sendiri sudah mulai menguasai sebagian besar wilayah kota. Sebelum mundur ketika bantuan militer ada di kota tersebut.

Saat ini sendiri situasi yang ada di perbatasan tersebut terus diperketat. Terbukti dengan adanya banyak polisi, tentara dan pasukan berbatasan yang diterjunkan di daerah tersebut demi terjaganya kepentingan nasional dalam sebuah negara. Tidak hanya itu saja, pasukan keamanan yang ditempatkan di daerah perbatasan tersebut serta di Jembatan Ibrahim ditujukan untuk memantau jika nantinya terdapat kemungkinan pergerakan Afghanistan kembali.

Perlu diketahui, bahwa Iran sendiri pada dasarnya mempunyai perbatasan dengan Afghanistan. Tepatnya di tiga pelabuhan yang berbeda. Setiap pelabuhan seperti pelabuhan Dogaron yang merupakan salah satu pelabuhan komersial sekaligus perjalanan penting antara Afghanistan dengan Iran. Pelabuhan tersebut bahkan sudah dikuasai oleh Taliban sejak 8 Juli 2021.

Adapun pelabuhan selanjutnya yakni Islam Qala yang terletak 120 kilometer dari Kota Herat, Afghanistan. Pada dasarnya pelabuhan tersebut merupakan rute transit yang sangat penting. Baik itu untuk Iran maupun Afghanistan sendiri. Tepatnya juga menjadi sebuah rute yang menghubungkan distrik Herat menuju provinsi Razavi Khorasan. Pelabuhan yang terakhir terletak di provinsi Nimroz. Perlu diketahui bahwa ini merupakan satu-satunya wilayah yang ada di Afghanistan yang berbatasan langsung dengan negara Iran serta Pakistan. Adanya perbatasan antara Iran dan Afghanistan tersebut sudah membentang dengan luas lebih dari 921 kilometer.

Iran Menutup Kerjasama Perbatasan dengan Negara Afghanistan

Jika tahun lalu terdapat ekspor Iran menuju Afghanistan sebanyak 4 miliar dollar, maka berbeda saat konflik militer kembali meningkat tepatnya di daerah bagian barat. Terlebih sejumlah keluarga yang berasal dari Afghanistan tersebut juga mengungsikan diri menuju daerah perbatasan Iran. Diketahui sejumlah pejabat Afghanistan termasuk keluarga pengungsi juga masuk ke wilayah Iran.

Masuknya pengungsi yang berasal dari Afghanistan menuju batasan Iran ini sendiri mendapat tanggapan dari Kementerian Luar Negeri Iran. Ia mengatakan bahwa saat ini peristiwa menyakitkan sudah terjadi. Setidaknya terdapat ratusan orang yang berjalan dan melarikan diri menuju perbatasan Iran. Tepat setelah Taliban menyerang Kota Zaranj.

Terlebih, Taliban sendiri mulai menambah serangannya saat pasukan asing mulai meninggalkan negara Afghanistan. Tentu saja hal tersebut membuat Taliban lebih mudah dalam menguasai sebagian besar wilayah yang ada di negara tersebut.

Baca juga : Ketahui Apa Manfaat Kerjasama di Perbatasan Iranian

Taliban sendiri terus berupaya untuk melakukan pengepungan di tiga ibu kota regional yang ada di Afghanistan. termasuk Kandahar dan juga Herat. Adanya peristiwa tersebutlah yang memicu penutupan perbatasan antara negara Iran dengan Afghanistan.