Ketahui Apa Saja Manfaat Kerjasama di Perbatasan Iranian

Ketahui Apa Saja Manfaat Kerjasama di Perbatasan Iranian

Ketahui Apa Saja Manfaat Kerjasama di Perbatasan Iranian – Telah menjadi fenomena dunia bahwa Iran merupakan negara yang sangat rawan dengan konflik. Meski begitu para pejabat negara tidak tinggal diam melihat kondisi tersebut. Sampai pada suatu masa, mereka mulai merencanakan diri untuk melakukan kerja sama di Perbatasan Iranian.

Sempat mengalami beberapa kendala pada saat rencana tersebut dilangsungkan. Akan tetapi hal tersebut justru berlangsung lancar. Dari situ kita bisa melihat adanya manfaat yang terjadi pada kerja sama antara bangsa di Perbatasan Iranian. Dan beberapa uraian tersebut telah kami paparkan berdasarkan fakta seperti berikut ini.

1. Memulihkan Nilai – Nilai Perekonomian
Iranianalliances – Salah satu manfaat yang bisa dipetik dari adanya hubungan kerja sama di Perbatasan Iranian yaitu dapat memulihkan nilai – nilai perekonomian. Memang benar bahwa setiap perbatasan terlalu rawan akan konflik yang beragam mulai dari sektor industri, instansi, inflasi dan lain sebagainya. Namun jika ditelisik lebih dalam, persatuan antar kedua bangsa yang saling memahami akan berarti besar untuk kemajuan bersama. Karena jarang – jarang proses tersebut berjalan normal di berbagai negara lain.

Seperti diketahui bahwa pertumbuhan perekonomian warga Iran telah berjalan baik sejak beberapa tahun silam. Itu karena mereka telah berhasil menyatukan hubungan kerja sama dengan Pakistan dan Afghanistan. Walau pada awalnya sempat menghasilkan konflik yang tak berujung, namun kedua belah pihak sama – sama memiliki tujuan yang jelas untuk menentukan nasib bangsa. Dan hasilnya mereka pun mulai menumbuhkan neraca keuangan secara berkala hingga detik ini.

Ketahui Apa Saja Manfaat Kerjasama di Perbatasan Iranian

2. Membangun Kerukunan Antar Bangsa
Manfaat yang kedua yaitu bisa membangun kerukunan antar bangsa. Bukan merupakan suatu kebohongan belaka bilamana Perbatasan Iranian sering menjadi sorotan publik atas terjadinya perlakuan rasis dari negara tetangga. Bukan berarti mereka telah menyalahgunakan segala aturan politik, ekonomi, hubungan internasional dan lain sebagainya. Akan tetapi banyak unsur yang menjadi provokator atas pemicunya kondisi tersebut.

Sehingga masalah tersebut nyaris tak berujung sejak beberapa tahun silam. Namun sejak Iran berganti Presiden dan sistem pemerintahan, maka segala macam konflik tersebut mulai berkurang secara perlahan. Dan pada akhirnya beberapa negara tetangga sangat tertarik untuk menyelaraskan hubungan kerja sama seperti dulu. Dengan kondisi tersebut, seluruh warga yang bersangkutan akan mendapatkan timbal baik dan masa depan yang jauh lebih baik dari pada tahun – tahun sebelumnya.

Baca juga  : Contoh Kerjasama di Perbatasan Iranian dan Turki

3. Memfasilitasi Sejumlah Kalangan Lokal
Dan manfaat yang paling akhir ialah memfasilitasi sejumlah kalangan lokal. Telah diketahui bahwa tak sedikit penduduk Iran yang hingga detik ini masih menganggur akibat konflik antar negara tetangga. Sangat disayangkan jika mereka yang merupakan lulusan terbaik masih belum memiliki pekerjaan tetap dan yang cukup layak. Akan tetapi hal tersebut sudah mulai berkurang sejak Iran menyepakati beragam hubungan kerja sama antar negara tetangga.

Seperti halnya proses partnerisasi mereka dengan Turki. Dimana sudah ada banyak lapangan pekerjaan yang sukses mencetak pekerja terbaik dari seluruh lulusan terpercaya. Mereka sama – sama memiliki tujuan dan misi yang jelas agar selalu bisa membangun kedaulatan negara yang adil dan makmur. Maka tak heran jika banyak pekerja muda yang tampil dominan dalam berkarya. Itu karena fasilitas pekerjaan yang ditawarkan telah disesuaikan dengan kemampuan masing – masing.

Beberapa manfaat di atas merupakan contoh kecil adanya hubungan kerja sama di Perbatasan Iranian. Dan tentunya masih banyak manfaat lain yang sangat menguntungkan Iran dan negara tetangga lainnya.