Waspadai Afghanistan, Iran dan Pakistan Memulihkan Hubungan Perbatasan

Waspadai Afghanistan, Iran dan Pakistan Memulihkan Hubungan Perbatasan

Waspadai Afghanistan, Iran dan Pakistan Memulihkan Hubungan Perbatasan – Meski sempat mengalami kerenggangan dalam beberapa tahun terakhir, Pakistan dan Iran aat ini mulai mencairkan kerenggangan tersebut. Hal ini tidak lain karena khawatirnya mengenai masa depan Afghanistan serta ancaman lainnya yang ada di perbatasan kedua negara tersebut. Tidak heran jika kedua negara ini memutuskan untuk memulihkan hubungan perbatasan.

Pembukaan Perbatasan Iran dan Pakistan

Iranianalliances – Baik Iran maupun Pakistan, kedua negara tersebut memutuskan untuk mulai melakukan pembukaan perbatasan negara. Tidak hanya itu, negara tersebut juga memberikan kemudahan perdagangan satu sama lainnya. Hal ini dilakukan dengan harapan kedua negara dapat kembali lebih erat lagi hubungannya satu sama lain.

Seperti yang diketahui, negara tersebut memang mulai mendingin sejak beberapa tahun terakhir ini. Hal tersebut tidak lain karena adanya terorisme serta separatisme lintas batas yang terjadi. Tidak hanya itu, terdapat pula dukungan Islam abad kepada musuh-musuh bebuyutan Iran yakni Arab Saudi membuat Pakistan dan Iran terus terhambat upaya pendekatannya.

Perlu Anda ketahui, bahwa kini Pakistan dengan Iran ingin memakai perdanganan lintas perdagangan sebagai salah satu pondasi dalam rangka menormalisasi hubungan diplomasi antar negara. Tentu saja, dengan adanya normalisasi hubungan tersebut diharapkan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi.
Dengan begitu, adanya pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat tersebut dapat membantu meredakan situasi yang ada di Balochistan. Dimana terdapat sekelompok dengan aliran separatis yang melancarkan perang kemerdekaan dari Pakistan. Terlebih, pemerintah yang ada di Teheran sendiri mengaku sudah melakukan banyak hal agar memperbaiki hubungan tersebut.

Menteri Transportasi dan Tata Kota negara Iran yang bernama Muhammad Islami sendiri menyebutkan bahwa akan melakukan perbaikan hubungan dengan sahabat dan tetangganya yakni Pakistan. Tidak hanya itu saja, Menteri Pengadaan Pertahanan Pakistan sendiri yang bernama Zubaida Jalal juga mengatakan bahwa kedua negara tersebut sudah meresmikan pintu perbatasan ketiga dan terbaru demi keamanan kedua negara sendiri.

Zubaida juga kembali menegaskan bahwa hubungan kedua negara ini akan mengalami lonjakan historis. Terlebih akan ada peresmpian dua pintu perbatasan dalam setengah tahun. Dimana pencapaian tersebut adalah hal yang sangat penting. Sementara itu, Muhammad Islami juga mengatakan bahwa perbatasan tersebut nantinya akan mengubah level perdagangan serta pertukaran barang antara dua negara hal ini dilansir langsung oleh Express Tribune.

Waspadai Afghanistan, Iran dan Pakistan Memulihkan Hubungan Perbatasan

Perlu Anda ketahui, Pakistan dan Iran sendiri memang sudah bersepakat untuk membuka perbatasan yang ada di Rimdan-Gabd. Adapun perbatasan tersebut nantinya akan menghubungkan Pelabuhan Pakistan, Gwadar, dan Chabahar yang ada di Iran. Tidak hanya itu, setidaknya sudah ada enam pintu perbatasan lain sudah direncanakan oleh kedua negara tersebut.

Saat ini, berdagangan yang terjadi antara dua negara tersebut bekisar USD 360 juta untuk setiap harinya. Perbatasan kedua negara yang satu ini nantinya akan membelah etnis Baloch yang mana mengimpikan adanya kemeredkaan. Terlebih, berulangkali ada kelompok separatis yang terus melayangkan serangan terhadap pejabat atau militer di kedua negara. Saat ini sendiri, sejumlah kelompok teroris juga mulai menyebar ke arah Provinsi Balochistan.

Baca juga : Iran Meluaskan Hubungan Kerjasama Keamanan Perbatasan dengan Pakistan

Selain itu, Iran dan Pakistan memang merupakan dua negara tetangga yang keberadaannya sangatlah penting bagi Afghanistan. Oleh karena itu, demi meningkatkan sekaligus mempercepat proses perdamaian maka tentu saja diperlukan peningkatan kerjasama antar negara dengan harapan yang jauh lebih baik.

Itulah beberapa informasi mengenai Iran dan juga Pakistan yang kini memutuskan untuk memulihkan hubungan perbatasan antar negara. Dengan adanya hubungan yang erat tersebut, maka diharapkan ada banyak keuntungan dan kemajuan ekonomi antar negaranya.